Kerumunan Lebah Madu Bisa Hasilkan Listrik Lebih Besar Dari Badai

Sering melihat lebah madu? Siapa sangka ternyata makhluk kecil ini kalau berkerumun bisa menghasilkan listrik yang lebih besar di bandingkan awan badai. Saat itu, Ellard Hunting dari University of Bristol di Inggris bersama timnya mengecek cuaca di stasiun lapangan dekat kampus mereka.

Hasilnya, monitor medan listrik mereka justru merekam lonjakan muatan listrik atmosfer meski tidak ada badai. Di waktu yang bersamaan, kerumunan lebah madu atau Apis Mellifera di dekat mereka berkumpul untuk mencari sarang baru.

“Ketika saya melihat datanya, saya terkejut bahwa kerumunan lebah memiliki efek yang sangat besar.” Kata Hunting dikutip dari New Scientist pada Jumat 11 November 2022. Sebenarnya, fakta mengenai lebah yang membawa muatan listrik sudah lama di ketahui.

Namun, muatan tersebut hanya berupa tegangan kecil dan bukan dalam jumlah yang besar. Untuk mengetahui lebih lanjut terkait muatan listrik yang bisa dihasilkan oleh kerumunan lebah madu, tim menggunakan monitor medan listrik tambahan yang dikombinasikan dengan kamera video untuk mengukur medan listrik dan kepadatan kawanan.

Selanjutnya, peneliti menunggu lebah di sarang untuk berkerumun secara alami. Mereka mencatat tiga kawanan melewati monitor selama 3 menit. Hasilnya, kawanan lebah madu dapat menciptakan muatan listrik mulai dari 100 hingga 1000 volt per meter.

Makin Banyak, Listriknya Makin Besar

Pada studi yang di publikasikan dalam jurnal iScience itu di temukan juga bahwa semakin banyak kawanan, makin besar dan kuat pula medan listrik yang di ciptakan oleh lebah madu. Peneliti juga membandingkan dengan listrik yang di hasilkan lebah madu melalui data sebelumnya. Dari situ ditemukan bahwa listrik yang di hasilkan lebih besar daripada studi sebelumnya.

Kepadatan muatan listrik 8 kali lebih besar di bandingkan awan badai dan enam kali lebih besar daripada badai debu listrik. Kemampuan kawanan lebah dalam menghasilkan listrik ini tak di ketahui kegunaannya. Entah hanya sekedar gesekan yang tak di sengaja atau justru memang berguna bagi lebah madu.

Victor Manuel Ortega-Jimenez dari University of Maine pun menyebut bisa saja muatan listrik memiliki tujuan tertentu dan di gunakan untuk mencari makan. Victor bertanya-tanya apakah fenomena yang sama juga terjadi pada hewan terbang lain yang berkerumun, seperti burung atau kelelawar. “Ini adalah pertanyaan menarik yang terbuka untuk diselidiki,” jelasnya.