Dog Lovers Surati Heru Budi Soal Larangan Hewan Peliharaan di Area CFD

 

Wah, ada berita kurang menyenangkan nih untuk para Dog Lovers. Dikabarkan Penjabat Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melarang para pengguna jalan untuk membawa hewan peliharaan ke area car free day atau hari bebas kendaraan bermotor di Jakarta.

Komunitas Car Free Day Dog Lovers dikabarkan akan mengirimkan surat kepada Heru Budi Hartono mengenai larangan ini. Mereka menyebutkan akan mengirimkan surat ke Pak Heru.

“Nanti kami akan kirim surat ke Pak Heru, tentu,” ujar penggagas Car Free Day Dog Lovers Azas Tigor Nainggola.

Hal ini karena Tigor menilai bahwa urat Keputusan Kepala Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta Nomor e-0077 Tahun 2022 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan HBKB yang terbit 22 Juni 2022 tidak memiliki dasar yang jelas. Bukan itu saja, isi dari Surat Keputusan tersebut juga masih patut untuk diperdebatkan.

“Ini enggak benar SK-nya, dan juga ini (bisa) diperdebatkan, tapi kalau orang bawa elang segala macam, lho. Bedain dong hewan peliharaan dengan hewan dilindungi,” sebut Tigor.

Tigor juga menyampaikan bahwa saat ini pihaknya telah membuat petisi mengenai larangan dari pemerintah daerah tersebut. Ia dan komunitasnya akan berencana melakukan konvoi dari Senayan ke Jalan Thamrin, Jakarta Pusat.

Pria yang juga merupakan pemerhati kebijakan publik tersebut juga mengatakan bahwa hewan peliharaan seperti anjing adalah hewan setia yang keberadaannya juga disukai oleh para pengunjung dari CFD.

Sebelumnya, CFD Dog Lovers sudah melakukan komunikasi secara langsung dengan Dishub mengenai pelarangan pembawaan hewan ke CFD untuk dicabut. Tetapi sayangnya permintaan ini ditolak. Untuk itu mereka berharap SK larangan yang mengatur mengenai pelarangan hewan peliharaan ini dicabut.

Menurut Tigor, anjing dapat dikatakan untuk membantu kondisi mental dari pemiliknya.

“Harusnya jangan dilarang, tapi diatur. Diatur oke. Kalau misal mau singgah atau jalan di CFD HBKB, Anda jalan di paling kiri misalnya,” tutur Tigor. “Terus jalan di paling kiri, pake handling. Terus juga kalau ada poop-nya, pungut. Gitu lho,” lanjut dia.